Visi dan Misi

Visi dan Misi

  1. Visi

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Fakfak sebagai salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Fakfak wajib menetapkan visi. Perumusan visi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengacu pada tugas pokok dan fungsi serperti yang tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 46 Tahun 2016 yang menggambarkan apa yang ingin dicapai, berorientasi pada masa depan, mempunyai arah dan fokus strategi yang jelas sehingga dapat mempersatukan seluruh jajaran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Fakfak.

Penyelenggaraan Tugas Oraganisasi Perangkat Daerah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Fakfak pelaksanaannya berdasarkan Tugas Pokok dan Fungsi yang mengacu pada Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Fakfak yakni : TERWUJUDNYA MASYARAKAT KABUPATEN FAKFAK YANG BERMARTABAT, BERDAYA SAING DAN SEJAHTERAH, dari visi Kabupaten Fakfak maka di tetapkan visi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Fakfak Tahun 2016 – 2021 adalah : ” TERWUJUDNYA BUDAYA TERTIB ARSIP DAN GEMAR MEMBACA BAGI MASYARAKAT FAKFAK “.

Makna dari visi di atas adalah :

  1. TERWUJUDNYA BUDAYA TERTIB ARSIP, Artinya

bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi berupaya menumbuhkan kesadaran pada setiap OPD / Kampung akan tertib pengelolaan kearsipan yang dilakukan dengan Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dalam rangka mewujudkan budaya tata kelola kearsipan.

  1. TERWUJUDNYA BUDAYA GEMAR MEMBACA BAGI MASYARAKAT, Artinya

bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi berupaya menumbuhkan kebiasaan membaca bagi masyarakat dengan cara pendampingan, sosialisasi dan juga penambahan koleksi bahan pustaka, dokumentasi yang akurat dan memadai sehingga mampu menghidupkan dan menumbuh kembangkan kecerdasan masyarakat, yang dilakukan secara terencana dan terarah dengan tepat dengan mengutamakan kepentingan umum. Hal demikian bila mana dilakukan secara kontinu, maka akan menimbulkan budaya gemar membaca bagi masyarakat.

  1. Misi

Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi maka diperlukan Misi untuk mewujudkan Visi. Adapun misi yang akan di jalankan sesuai Visi diatas adalah :

  • Meningkatkan Pelayanan Administrasi Perkantoran

  • Meningkatkan Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan.

  • Menyelamatkan Dan melestarikan Dokumen / Arsip Daerah.

  • Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Kearsipan.

  • Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi.

  • Meningkatkan Minat Baca Bagi Masyarakat.