Perkembangan teknologi informasi berdampak sinergis terhadap sistem kerja
administrasi, dalam hal ini penciptaan surat dan dokumen. Teknologi informasi
mempermudah penciptaan sebuah dokumen. Implikasinya akan berakibat pada perubahan
manajemen yang berorientasi dan berbasis tekhnologi informasi dengan sistem penataan dan
penyelenggaraan yang baik. Pelayanan informasi arsip harus dapat memberi dampak positif
bagi keterbukaan informasi pada pelayanan publik.
Undang-undang kearsipan No. 43 tahun 2009 tentang kearsipan menyebutkan bahwa
dalam penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik
dalam pengelolaan arsip yang otentik dan terpercaya. Artinya, penyelenggaraan yang
komprehensif dan terpadu dengan dukungan sumber daya manusia yang profesional serta
prasarana dan sarana yang memadai akan meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Manajemen kearsipan adalah pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dalam rangka
mengelola keseluruhan daur hidup arsip. Kearsipan mempunyai peranan sebagai pusat
ingatan, sebagai sumber informasi dan sebagai alat pengawasan yang sangat diperlukan
dalam setiap organisasi. Arsip memiliki fungsi dan kegunaan yang signifikan dalam
menunjang kegiatan administrasi negara dan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen.
Arsip kampung merupakan salah satu program dari Dinas Kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Fakfak, Arsip kampung memberikan kemudahan dalam pelaksaan kinerja kampung. Sehingga dalam pelaksanaan serta tanggung jawabnya dapat direkam dalam bentuk arsip yang disimpan rapih oleh setiap kampung. Arsip memiliki peranan yang sangat penting dalam proses seluruh kegiatan kampung. Kearsipan yang rapih menunjukan bahwa kampung tersebut menjalankan proses kegiatan kegiatan kampung dengan baik.
. mempermudah arsip
. membantu masyarakat untuk tertib dalam administrasi data pribadi
. dana kegiatan otsus sehingga kegiatan hanya berjalan pada kampung / desa yang mayoritas putra putri asli papua
. semua arsip terkumpul di balai kampung dan
. banyak bantuan dari provinsi daerah pusat, untuk memudahkan masyrakat dlam pengumpulan data diri lebih mudah, syarat mendapatkan bantuan harus mempunyai ktp kk (arsip) dan dokumen lainnya yg mendukung