Friday, April 26, 2024

KEGIATAN ARSIP KAMPUNG PUAR DISTRIK TELUK PATIPI

Perkembangan teknologi informasi berdampak sinergis terhadap sistem kerja

administrasi, dalam hal ini penciptaan surat dan dokumen. Teknologi informasi

mempermudah penciptaan sebuah dokumen. Implikasinya akan berakibat pada perubahan

manajemen yang berorientasi dan berbasis tekhnologi informasi dengan sistem penataan dan

penyelenggaraan yang baik. Pelayanan informasi arsip harus dapat memberi dampak positif

bagi keterbukaan informasi pada pelayanan publik.

Undang-undang kearsipan No. 43 tahun 2009 tentang kearsipan menyebutkan bahwa

dalam penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik

dalam pengelolaan arsip yang otentik dan terpercaya. Artinya, penyelenggaraan yang

komprehensif dan terpadu dengan dukungan sumber daya manusia yang profesional serta

prasarana dan sarana yang memadai akan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Manajemen kearsipan adalah pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dalam rangka

mengelola keseluruhan daur hidup arsip. Kearsipan mempunyai peranan sebagai pusat

ingatan, sebagai sumber informasi dan sebagai alat pengawasan yang sangat diperlukan

dalam setiap organisasi. Arsip memiliki fungsi dan kegunaan yang signifikan dalam

menunjang kegiatan administrasi negara dan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen.

Arsip kampung merupakan salah satu program dari Dinas Kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Fakfak, Arsip kampung memberikan kemudahan dalam pelaksaan kinerja kampung. Sehingga dalam pelaksanaan serta tanggung jawabnya dapat direkam dalam bentuk arsip yang disimpan rapih oleh setiap kampung. Arsip memiliki peranan yang sangat penting dalam proses seluruh kegiatan kampung. Kearsipan yang rapih menunjukan bahwa kampung tersebut menjalankan proses kegiatan kegiatan kampung dengan baik.

. mempermudah arsip

. membantu masyarakat untuk tertib dalam administrasi data pribadi

. dana kegiatan otsus sehingga kegiatan hanya berjalan pada kampung / desa yang mayoritas putra putri asli papua

. semua arsip terkumpul di balai kampung dan

. banyak bantuan dari provinsi daerah pusat, untuk memudahkan masyrakat dlam pengumpulan data diri lebih mudah, syarat mendapatkan bantuan harus mempunyai ktp kk (arsip) dan dokumen lainnya yg mendukung

Related Articles

Stay Connected

22,949FansLike
3,911FollowersFollow
21,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles